Wednesday, September 29, 2010

Jilbab pertama-koe...^-^

Bismillah...
Kapan pertama kali ku tetapkan tuk berjilbab??ku sendiri binggung,hehehe..kenapa??ya karena sebuah perjalanan yang mengantarku tuk berjilbab agak ribet.ceritanya..^-^

Di akhir SMP..yah saat itu selepas ujian kelulusan, kita siswa kelas 3 tentu dirumah sambil menanti pengumuman. Aktivitasku banyak waktu luang, tiap sore paman dan mas-mas saudara jauhku pada sering main kerumah. Saya adalah ponakan terakrab, selain agak nurut juga agak tomboy,hehehe..Kita sering menghabiskan waktu bersama, dari panen mangga,ngobrol2, jalan-jalan cari makan sore-sore mencoba menu beberapa warung makan dsb..Suatu hari nih, ane Pengen banget liat "Sekatenan " di Solo, yah semacam tradisi di kraton Di tiap bulan Maulud. Konon disana tuh rame, banyak permainan, jajanan, dll. Pamanku yang tahu keinginanku akhirnya bilang gini " pengen neng sekatenan??ya tak ter'ke neng syarate kudu ngaji sik ( pengen ke sekatenan??ya ntar tak anter tapi syaratnya hrs ngaji dulu )" akhirnya ku iya kan saja, lagipula dapat gratisan siapa sih yang nggak mau..wal hasil tiap ahad ku diajak ke pengajian ahad pagi didaerah solo, ntar pulangnya mampir ke Sekatenan..

Dari beberapa kali ikut pengajian, ku emang dititpkan ibu-ibu,maklum jama'ah ikhwan-akhwat emang dipisah. Disana ku dengerin kajian dengan khusyuk,maklum karena ku nggak kenal sama orang-orang disekitarku,hehhee..lama-kelamaan kurasakan kedaimanan dan kesejeukan melihat orang pakai jilbab. Sampai akhirnya dipertemuan kesekian sesampai dirumah ku nggak lepas jilbab. Seorang cowok sebelah rumah nyeletuk gini "wah saiki krudungan??("wah sekarang kerudungan??" )dan entah kenapa ku jawab yakin "ya.."

Ada nggak sih halanmgan tuk berjilbab??
Sebenernya kendalanya adalah, ku nggak punya jilbab..ku hanya punya 2 kala itu. Jadi pakainya cuma itu2 ajah, yang paling parah adalah karena saya pakai jilbab setelah lulusan otomatis saya nggak punya seragam SMP yang panjang. Nah pas harus masuk sekolah tuk cap tiga jari dsb ane binggung harus pakai kostum apa. AKhirnya dengan sangat terpaksa saya buka jilbab.:( ntar sampai rumah pakai lagi..karena begitu berkali2, sampai ane tuh kayak jadi orang yang munafik..akhirnya ane dirumah nggak pakai jilbab. Tapi berkat teguran tetangga yang bilang gini "lho kok copot??"(lho kok lepas)..ane tersadar dan kembali memaki jilbab dirumah. Tapi lucunya ke sekolah tetep pakai rok selutut dan tanpa jilbab, tapi berangkatnya sembunyi-sembunyi lewat kebun-kebun..kalau ingat pengen ketawa, soalnya kan dsekolah juga keliatan kan saya tanpa jilbab??hehehe
Kondisi semacam itu saya alami sampai saya masuk SMA..diluar nggak pakai jilbab dirumah pakai..dan akhirnya pas seragam sekolah jadi dan saya putuskan tuk pakai seragam muslimah, saya mulai berjilbab disekolah dan rumah.Kala itu temen-temen sekelasku malah bilang gini "wah ada murid baru nih.."gara pas masuk dan MOS saya belum pakai jilbab, dan mereka agak pangling liat ku pakai jilbab.
Nah itu critanya, jadi ku binggung harus bilang pakai jilbab sejak SMP atau SMA.

Dukungan UMMI
Pada awal berjilbab kan saya masih SMP tuh, dan dikampung saya belum ada yang pakai jilbab. Jadi  saya tuh jadi orang aneh menurut warga. Yah kalau pergi warung suka diejek-ejekin bapak-bapak deket warung "wah bu haji lewat..." ku cuma cengar-cengir..yah semoga jadi wujud do'a ajah..hehhe..padahal hampir tiap hari ku ke warung.Belum lagi ada tetangga yang bilang ke Ummi sampai nyamperin ke rumah.."yu, anakmu kuwi lho, krubat-krubut kudungan wae..opo ora sumuk..mbok kon nyopot.." (mbak..anak kamu itu lho,krubat-krubut kerudungan terus apa nggak gerah..mbk disruh lepas aja). Mungkin dia risih dengan pemandangan baru kalau ku pakai jilbab.Tapi untunglah ummi nggak dengerin malah bilang "yo ben, sing nglakoni anakku kok kowe sing ribut..yen sumuk yo engko men copot dewe ( ya biarin, yg njalani anakku sendiri kok kamu yang ribut..kl gerah ya biar lepas sendiri "


Tapi yakin dah kalau kita tetep sabar dan istiqomah insyaaAllah bisa kita lalui hal atau omongan-omongan yang nggak baik. Ya sering denger dari keluarga yang matahin semangt, misal crita tentang orang pakai jilbab yang jorok, orang pakai jilbab yang nggak bisa gaul , orang berjilbab harus pendiem nggak banyak polah kayak saya dsb.Tapi ya cuekin ajah. Alhamdulillah masih bisa mempertahankan jilbab sampai sekrang dan semoga sampai akhir hayat. Aamiin.
Dan Allah rupanya merestui keputusanku, Pas SMA alhamdulillah punya kerjaan sambilan yang bisa dikumpulin tuk beli jilbab, dan sering dapt rejeki tuk melengkapi koleksi busana muslimah. Dan makin hari makin belajar berpakaian yang longgar.dari pakai celana,akhirnya bisa pakai rok trs bisa juga beli gamis..

Harus dijilbabi hatinya dulu baru fisiknya..
sering banged denger artist atau orang-orang bilang githu..tapi sebenernya kalau dipikir-pikir dengan jilbab fisik itu bisa membuat kita belajar tuk menjilbabi hati lho. Kan malu semisal kita berjilbab tapi masih melakukan hal-hal yang dilarang, jadi secara otomatis kita belajar tuk jadi lebih baik. Ya setidaknya pas awal-awal pakai jilbab saya jadi merasa semangat ngaji, misalnya karena masih jarang komunitas kajian dulu ngajinya harus ke masjid kecamatan sendirian naik sepeda tiap ahad.tapi saya tuh enjoy..Atau bergabung dengan kajian kakak-kakak kelas (saya anak kelas 1 sendiri waktu itu )seminggu sekali dirumah seorang penduduk deket sekolah dengan murobbi ikhwan,hehehe....


makanya yang belum pada berjilbab ayo segera jangan ragu deh..
apalagi sekarang pakai jilbab tuh sudah bebas, coba kalau saya dulu ...lulus SMA suruh lepas jilbab pas foto ijasah, saya tolak dunk..apalagi konsekuensinya cuma buat surat pernytaan bermaterai 6ribu&nanggung kalau ijasahnya nggak berlaku..atau pas kuliah dihukum  gara-gara pas OSPEK dilarang pakai rok, harus pakai celana panjang, padahal kuliah dikampus Islam...atau ejeke-ejekan dr orang-orang karena jarang orang pakai jilbab..


(Untuk diikutsertakan dalam lomba yang diadakan  di http://cambai.multiply.com/journal/item/339/Lomba_Menulis_Tema_Jilbab_Pertama_ku..._)

51 comments:

  1. wah lama juga ya..mg ttp istiqomah ya say..

    ReplyDelete
  2. aku 2001...
    semoga Allah mengistiqomahkan kita untuk terus berada di jalanNya ya zhu...
    amin ya Rabb..

    ReplyDelete
  3. ini tahun berapa tuuh.. klo thn 200an bukannya jilbab udah biasa yaa..

    ReplyDelete
  4. 2001 itu berarti pas anti SMP or SMA say???aamiin..

    ReplyDelete
  5. tetangganya banyak yang komentar juga yaa..

    ReplyDelete
  6. ya begitulah...lumayan diperhatikan tetangga..hhhe

    ReplyDelete
  7. ya thn awal 2000 tp didaerahku msih langka kala itu..ijasah juga g buleh pakai jilbab..

    ReplyDelete
  8. iya si mut...muncul kembali..td ku uundang ke MP ku,hehhe

    ReplyDelete
  9. hehehehe tp dah mulai kaku di mp, kek orng awam

    ReplyDelete
  10. hushh,,ngomong opo??biasa wae....eh blog pesenanku dah jd belum??

    ReplyDelete
  11. hehehehe, jrg buka n [osting, msh kosong

    ReplyDelete
  12. oy lum, af1, iAlloh hbs wisudah ya, lg sibuk nyiapin wisuda hr sabtu

    ReplyDelete
  13. wokeh..dijaga kesehatannya say..inget pesen anti pdku berlaku juga pada muuuu...

    ReplyDelete
  14. wkwkwkkw....*kagak nahan ketawa bacanya...*

    ReplyDelete
  15. mksdnya??mau kaish bintang or pegimane nih??hehhe

    ReplyDelete
  16. udah bebas kali ya maksudnya..? ^_^
    barakallah, prinsip yang bagus nih
    ^_^

    ReplyDelete
  17. iyah..sukron dah diingetkan...salah ketik..

    ReplyDelete
  18. tdk hy laler..anti juga bs kesedot dihatiku..wkkww

    ReplyDelete
  19. hehe.. geli pas baca yg bagian ngumpet2 lewt kebun.. :D
    semoga smakin menambah istiqomah ya dek..

    ReplyDelete
  20. lha habis gmn..mau pakai jilbab blm py kostumnya..ya udah mminimkan memperlihatkan aurat,hhhehehehe..do'anya ya mbak tiwik...:)

    ReplyDelete
  21. tadi ceritanya mw baca mbak,, tapi kepotong sesuatu jadinya ditandai dulu.. hehe

    ReplyDelete
  22. smg cerita ini menjadi inspirasi buat yg belum berjilbab.. amiin

    ReplyDelete
  23. aamiin...mg bermanfaat..crita ini nggak seberapa mbk..^-^

    ReplyDelete
  24. Usaha banget ya sampai harus ngumpet lewat kebun, hehehe....

    ReplyDelete
  25. wah, tetangganya rajin komen ternyata.. ^_^

    ReplyDelete
  26. ya gmn lagi mbak..kan namanya juga malu..
    kan kl udah pakai jilbab dan hrs buka rasanya gimana githu...agak risih..hehhe

    ReplyDelete
  27. Inar :wah berarti py 2 seragam dunk?/hehe

    ReplyDelete
  28. iya zhu.. he8..
    dan aku dapet hadiah dari MRku... sepasang manset dan cara menggunakan jjilbab yang syar'i..

    ReplyDelete
  29. wah senengnya..mansetny smp skrg msih??

    ReplyDelete

 

Catatan sejarah Jiwa Template by Ipietoon Cute Blog Design