Friday, March 1, 2013

Perubahan Iklim


Perubahan Iklim adalah perubahan variable iklim,khususnya suhu udara dan curah hujan yang terjadi berangsur-angsur dalam waktu yang panjang anatara 50 samapai 100 tahun.Dan perubahan iklim ini bisa jadi akan menjadi perubahan iklim Global akan menjadi permasalahan besar bagi bumi yang akan datang. Dan perubahan iklim itu juga sudah kita ketahui penyebabnya tak lain salah satu faktor utamanya adalahkarena ulah manusia yang terus menerus menggunakan bahan bakar yang berasal dari fosil yaitu di antaranya baru bara,minyak bumi serta gas bumi 

Dan bebrbagai kegiatan manusia yang akan menyebabkan perubahan iklm adalah kegiatan yang telah menyebabkan peningkatan konsentrasi Gerakan Rumah Kaca di atmosfer terutama dalam bentuk karbon dioksida (CO2),metana (CH4) dan Nitrous Oksida (N20 ).Gas-gas itu yang nanti akan menentukan peningkatan sudu,karena sifatnya yang seperti kaca,yaitu meneruskan radiasi gelombang-gelombang pendek yang tidak bersifat panas terapi menahan radiasi gelombang panjang yang bersifat panas.


Kita sudah mengetahui  sebagian dari akibat pemanasan global ini - yaitu mencairnya tudung es di kutub, meningkatnya suhu lautan, kekeringan yang berkepanjangan, penyebaran wabah penyakit berbahaya, banjir besar-besaran, coral bleaching dan gelombang badai besar. Kita juga telah mengetahui siapa yang akan terkena dampak paling besar - Negara pesisir pantai, Negara kepulauan, dan daerah Negara yang kurang berkembang seperti Asia Tenggara.


Dampak Perubahan iklim

Kita sudah mengetahui  sebagian dari perubahan iklim yang ekstrem ini akibat-akibatnya sangat besar bagi kehidupan manusia. Diantaranya  mencairnya tudung es di kutub, meningkatnya suhu lautan, kekeringan yang berkepanjangan, penyebaran wabah penyakit berbahaya, banjir besar-besaran, coral bleaching dan gelombang badai besar. Kita juga telah mengetahui siapa yang akan terkena dampak paling besar - Negara pesisir pantai, Negara kepulauan, dan daerah Negara yang kurang berkembang seperti Asia Tenggara.




Cara Mengurangi dampak perubahan iklim:

Secara garis besar sebenarnya untuk mengurangi dampak perubahan iklim d bagi menjadi dua bagian yaitu, Adaptasi dan Mitigasi

Adapatasi di sini maksudnya adalah bagaimana masyarakat dapat menyesusuaikan diri dengan keadaan akibat perubahan iklim.Bagaimana mengahadapi dan bertindak yang tepat terhadap efek negatif dan memanfaatkan fek-efek yang mungkin isa diambil positifnya.

Sedangkan Mitigasi adalah berfikir da bertindak untuk mencari solusi dari dampak negatif dari perubahan iklim tersebut.Semisal bagaimana memperlambat emisi rumah kaca,penyerapan karbon yang tepat dan mencegah penambahan emisi.

Tindakan-tindaka adaptasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat banyak sekali.masyarakat bersama Pemerintah bisa melakukan,penghematan air,melakukan konservasi keanekaragaman hayati,perbaikan managemen pemeliharaan air,penyuluhan irigasi,pengembangan sumber daya alam, pengembangan terhadap tanda-tanda dini adanya bencana,diversitifikasi dan intensifikasi pangan,konservasi alam baik hutan,laut dan daratan, membangun rumah tahan bencana dll.

Sedangkan mitigasi dapat dilakukan dengan mengurangi penggunaan bahan bakar yang berasal dari fosil misal minyak bumi,batu bara dan gas bumi serta beralih ke sumber energi yang lebih aman misal tenaga surya,tenaga air dan tenaga angin.
Pengolahan sampah yang tepat,jangan sembarang buang sampah tetapi lakukan gerakan 3R (Recycle,Reuse,Reduse )











0 comments:

Post a Comment

 

Catatan sejarah Jiwa Template by Ipietoon Cute Blog Design