Thursday, March 31, 2016

5 Kiat agar resolusimu tercapai

Udah telat sih ngomongin resolusi dibulan maret,biasanya kata ini sering bersliweran di bulan-bulan Desember-Januari. Tapi tak apalah yak,biar kita ingat dan makin gigih melakukan usaha agar resolusi kita tercapai. Btw sebelum ngobrolin kiat agar resolusi tercapai kita inget-inget dulu yak pengertian resolusi.

Kalau dalam  kamus besar bahasa indonesia, re·so·lu·si adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yg ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. Resolusi adalah tujuan atau sesuatu yang hendak saya capai untuk tahun-tahun ke depan.

Kalau dalam bahasa singkatku sih resolusi itu targetan yang pengen dicapai dalam waktu ke depan dengan batasan waktu yang telah ditentukan. Nah biasanya awal tahun kita biasanya punya tuh resolusi-resolusi yang pengen dicapaikan?entah tertulis atau hanya diangan-angankan aja dalam lintasan pikiran.

Nah biasanya resolusi itu cuma tertulis atau tergambar dalam lintasan pikiran sering kali tanpa ada realisasi atau keberhasilan dari apa-apa yang ingin dicapai. Bahasa kerennya GAGAL...(itu bahasa keren bukan sih?).
Kegagalan itu biasanya disebabkan oleh beberapa hal,misalnya tidak mempunyai motivasi untuk mengejar target dan terkadang terlalu memikirkan omongan orang.Nah agar Resolusi kita berhasil gemilang itu kiatnya apa saja sih?

Yuk simak yaa..
1. Butuh diterjemahkan ke dalam bahasa tulisan atau lisan
Kita butuh menuliskan resolusi kita kalau perlu tulis besar-besar dan tempel di tempat yang biasa kita lihat,agar bisa mengingatkan dan memotivasi agar resolusi kita tercapai. Kalau perlu ceritakan tentang resolusimu kepada banyak orang,jadi ada motivasi buat kita berusaha menggapainya karena sudah terlanjur banyak orang tahu.

2.Optimis
Perlu banget percaya diri,yakinlah bahwa apa yang jadi target-terget kita bakal tercapai. Kalau kamu ragu akan tercapai,maka akan timbul rasa malas berusaha dan bisa menjadi sugesti diri bahwa hal itu akan berhasil kita capai. Ingat kata " Allah bersama prasangka hamba-hambaNya"

3.Beri penghargaan bagi diri sendiri.
Nih biar makin mantep dalam mencapai resolusi-resolusi kita,perlulah kita buat penghargaan bagi diri kita atas keberhasilan dalam mencapai apa yang sudah kita rancang di awal. Misal resolusi bulan februari harus bisa nulis di media, dan begitu berhasil dan dapat honor bisalah kita pakai honor itu buat membeli barang yang bisa membuat kita makin semangat bila melihat barang itu dan juga wujud hadiah buat diri sendiri yang sudah berusaha mati-matian buat nulis.

4.Bikin strategi buat menggapainya
Rancang strategi-strategi buat mencapai resolusi kita,misal dengan membuat management yang lebih bagus dan lebih disiplin terhadap apa yang kita targetkan. Kalau perlu ditulis secara detail dalam buku khusus.

5.Do'a jangan lupa yaa..
 Jangan lupa ya buat berdo'a atau memohon do'a kepada orang-orang disekeliling kita,bisa juga meminta do'a terhadap orang yang pasti terkabul do'anya.Kita tidak tahu do'a siapa yang bakal dikabulkan Allah kan?Siapa tahu resolusi kita terkabul karena do'a yang tak kunjung henti dari seorang ibu yang begitu menyayangi kita dan beharap apapun yang diharapkan anaknya terkabul.

Dan pada akhirnya selamat mencoba...semoga berhasil dan semoga kita sama-sama dapat mencapai apa yang menjadi resolusi kita...

#taraaaaa


5 comments:

  1. Apapun resolusinya, semoga tercapai ya Mba Zu, aamiin.

    ReplyDelete
  2. Apapun resolusinya, semoga tercapai ya Mba Zu, aamiin.

    ReplyDelete
  3. Wah malah di pertengahan tahun gini kudu makin mantap resolusinya ya mbaak. Semoga sukses \o/

    ReplyDelete

 

Catatan sejarah Jiwa Template by Ipietoon Cute Blog Design