Monday, September 12, 2016

Tips Cerdas hemat waktu di dapur

Sumber dari duniajilbab
Sebagai seorang wanita yang multitasking dan di era yang seorang wanita dituntut untuk bisa banyak melakukan pekerjaan maka biasanya seorang wanita berharap bisa melakukan semua pekerjaannya dengan cepat,smart dan hemat. Salah satunya adalah dengan memasak dengan lebih hemat,cepat tetapi masih terasa nikmat dan sehat.

Menyiapkan hidangan bagi keluarga di rasa seorang kebanyakan wanita,adalah tanggung jawab penuh seorang emak di rumah. Yang mana seorang emak akan lebih senang dan nyaman ketika bisa memasakkan buat keluarganya.Lebih nyaman karena lebih terjamin kesehatannya,lebih nikmat ketika bisa membuat masakan sesuka hati dan disukai keluarga,serta bisa puas ketika anggota keluarga jatuh cinta dengan masakannya.Sttt..konon masakan seorang emak itu bisa jadi obat pelet bagi suami dan anak-anaknya lho,bisa membuat mereka betah dan kangen emaknya.

Akan tetapi tidak bisa kita pungkiri,memasak itu memakan banyak waktu yang tidak sebentar.Mulai dari mengupas bumbu,memotong bahan,memasak hingga mencuci perabotan yang dipakai. Banyak yang menyerah dan menyerahkan dengan keribetan dan waktu yang menguras tenaga dan agenda lainnya dengan cara memasak makanan instant atau membeli makanan di luar,yang tentu itu juga meninggalkan kegalauan,diantaranya berpengaruh terhadap keuangan dan kekhawatiran akan kehigeinisan serta kesehatan.

Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa kita terapkan,agar bisa menghemat waktu memasak sehingga kita bisa melakukan pekerjaan lain tanpa khawatir dengan waktu yang hanya habis di dapur.

1.Rencanakan menu yang akan kita masak dalam seminggu


Membuat rencana memasak dalam seminggu itu akan lebih menghemat waktu kita,karena kita setidaknya akan lebih terencana dan menyiapkan apa yang bakal kita butuhkan dalam membuat menu dalam seminggu. Dari pada setiap hari masih pusing dan berfikir soal menu dan berburu bahan yang buat meramu


2.Belanja buat kebutuhan seminggu


Berbelanja untuk keperluan seminggu bisa menghemat waktu pula,setidaknya kita bisa menghemat waktu belanja dan bisa lepih prepare tentang apa yang akan kita lakukan selanjutnya.Jangan lupa urutkan bahan yang awet di simpat serta letakkan bahan makanan sebagai mana mestinya. Bila akan menggunakan daging dalam seminggu jangan dijadikan dalam 1 wadah,karena bisa memakan waktu lama ketika akan mentawingnya.Pisahkan jadi dua wadah,dan kalau mau memasak buat pagi,daging bisa di keluarkan dari freezer dan di letakkan di di bagian bawah,sehingga kita tidak perlu lama dalam menunggu ikan dimasak

3.Siapkan bumbu dasar siap pakai.
www.chefbyaccident.com


Siapakan bumbu-bumbu dasar.Bumbu dasar ini biasanya awet buat disimpan,jadi ketika kita mau memasak kita tidak perlu pusing-pusing mengupas bumbu,mengulek dan segala tetek bengek yang membuat waktu memasak makin lama. Bumbu dasar sekarang ada beberapa yang jual online,atau kalau tidak bisa deh bikin sendiri.Resep banyak beredar di internet lho.

4.Siangi sayur di saat longgar


Kita bisa menyiangi sayuran,dan beberapa bumbu.Kemudian kita bisa meletakkan ke dalam bungkus plastik atau wadah yang aman.Ini bakalan menghemat waktu pula ketika kita akan memasak sedang kita hanya punya waktu yang sedikit
Cerdas menyimpan bahan makanan di kulkas dan freezer.

Simpan makanan yang tepat,jangan simpan daging terlalu banyak dalam 1 wadah agar kita mudah mentawingnya.Kemudian letakkan sayuran dan makanan beku ke tempat semestinya.Letakkan telur dan bumbu pada tempat yang tepat dan mudah dijangkau serta mudah dicari.

5.Sediakan gas cadangan,dan sediakan air hangat.


Jangan lupa sediakan gas cadangan di dapur,jangan sampai pas setengah kita masak kemudian gas habis tapi kita harus keluar beli gas keliling-keliling.Kalau pas nemu yang dekat dan ada sih nggak apa-apa,kalau pas langka bisa jadi berantakan acara memasak kita.

Air panas juga sangat berguna,ketika kita akan memasak nasi.Memasak nasi dengan air panas,lebih bagus lagi yang baru mendidih efektif menghemat biaya serta menghemat waktu memasak kita.

6.lakukan dua pekerjaan sekaligus


Kita bisa melakukan 2 pekerjaan sekaligus dalam memasak.Misal sembari menggoreng kita bisa menyiapkan bahan-bahan yang akan kita masak.Atau sembari nunggu sayur matang kita bisa sembari merendam cucian perabot yang kotor lainnya.

7.Jangan lupa berdoa serta bekerja sama dengan anggota keluarga yang lainnya.

Kita perlu banget berdoa buat memperlancar pekerjaan kita,dan membuat keluarga jatuh cinta dengan masakan kita.Serta jangan lupa bekerja sama dengan anggota keluarga,agar kegiatan memasak bisa lebih cepat selesai tanpa hambatan yang berarti...

Mungkin itu saja tips yang bisa saya sampaikan,hehehe..baru itu yang diketahui serta sedikit-sedikit dipraktekin...nah kalau emak-emak biasanya tipsnya seperti apa?


17 comments:

  1. sama2 mak,,,mungkin ada tambahan tips mak?hehehe

    ReplyDelete
  2. Tips yang bermanfaat. Yang sering aku lupa itu cadangan gas. Jadinya sering berhenti di saat lagi masak. Hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belajar dari pengalaman kog mak..nggak asyik gas habis ditengah kita masak...hikss

      Delete
  3. Masak nasi pke air panas tu aku banget mbakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar cepet matang dan hemat waktu dan daya listrik ya mak,,,

      Delete
  4. Paling bikin mood ga enak adalah pas lupa klo gas uda di warna merah tp saya ttp masak dan taraaaa kalang kabut pagi2 cari gas sakitnya di kaki :(

    ReplyDelete
  5. Siip tipsnya palagi cadagan gas...memang sangat perlu..

    Hmm..yang air panas..gitu ya...sip2 hrus ditiru.

    Karena aku klo masak.pokoknya yg cepet simple..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak...biar cepet dan segera beranjak dari dapur

      Delete
  6. Hahaha..ho oh Mba.. Pelet syar'i.. :v

    Bisa ditiru nih tipsnya. Belanja utk seminggu langsung di pasar, biar hemat. Noted. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa...dan biar nggak bolak balik ke pasar...yg kdg kl ke pasar tiap hari ada aja yg dipengenin selain yg dibuthkan

      Delete
  7. Aku lho kadang suka telat beli cadangan gas..jadi we masak blm selese gas habis terpaksa deh ke warung dulu.
    Makasih sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..mana sekarang gas langka kl ditempatku...huhuhu

      Delete
  8. Tipsnya sangat berguna, Mbak. Kalau saya suka menemani istri memasak, sangat seru bahkan melibatkaan anak-anak karena ada anak kami yang pengin jadi chef hehe. Menu sih udah disiapin daftar untuk seminggu tapi sering binung juga saat eksekusi haha. Seringnya malah memasak dengan cepat. Tumis, rebus dan masak sayur yang dilihat di tukang sayur.
    Kalau untuk gas memang kami punya cadangan karena bahaya juga memasak tanpa cadangan tabung padahal makanan belum matang :)

    ReplyDelete
  9. Kalo saya sih kurang lebih seperti tip di atas, sukak banget nyetok bahan makanan untuk seminggu :D

    ReplyDelete

 

Catatan sejarah Jiwa Template by Ipietoon Cute Blog Design