Sunday, April 11, 2010

Foto Jaman jahiliyah...

Beberapa waktu lalu ada adek tingkat yang nanya gini "teh manu nanya dunk,,gini aku kan mau melamar kerja teh di tempat ikhwah,karena aku belum lulu kan diminta pakai ijasah SMA. Nah masalhanya Ijasahku jaman SMA tuh belum pakai jilbab,,ginimana ya teh??misal ane ganti pakai foto yang berjilbab giman teh tapi kan stempelnya ketutup.."

akhirnya ane sarani beberap alternafit, dari me-scan ijasah dan diganti fotonya tpi tetep diusahakan ada stempel,,yah rekayasa yang cukup rumit,tapi ide ane yang rada masuk akal ya memfoto kopi ijasah ters ditempelin foto berjilbab ters dikopi,,jadi iajasah asli tidak rusak, dan kita bisa jelasi ke tempat kerja yang dituju tentang alasannya..mg aja diterima alasannya,,syukur-syukur nggak terlalu diteliti banget ijasahnya

Nah itulah susahnya kalau kita punya ijasah tapi foto masih jahiliyah
untungnya dulu pas SMA foto ane diijasah pakai jilbab, walau harus buat surat rekomenasi bermaterai 6ribu, tapi setidaknya aurat kita terlindungi dari tatapan dari yang melihat ijasah kita. Sebenarnya lucu juga kalau dulu alsan harsu pakai jilbab ada yang bilang "biar kelihatan telinganya,takutnya ada cacatnya...",,beuh apa hubungannya, dan ngaruhnya....huuffhhhh

nah,kalau keadian itu menimpa orang terdekat anda or anda sendiri gimana??
terus akhirnya ane mau tanya juga nih,,apa hukumnya majang foto TK yang nggak pakai jilbab??buleh nggak??pernah lihat soalnya....

sukron sebelumnya..................^__^

24 comments:

  1. susah ya disana..kalau zaman saya dulu, foto ijazah pake jilbab bahkan waktu SMP sudah biasa aja...malah itu wajib bagi yang muslimah..hehe..

    ReplyDelete
  2. kl jaman SMA ane emang githu...akhirnya bnyk temen2 yg lepas jilbab...

    ReplyDelete
  3. hehehehhe...ahhhh..teh sovi bisa ajah..apanya yg siip??heheh

    ReplyDelete
  4. wah kalau saya tidak bisa menjawab hal ini.. bingung juga.. nanti dikira memalsu data ijasah juga atau bagaimana... tidak bisa menjaawab

    ReplyDelete
  5. saya juga gak bisa jawab.. secara ijasah kuliah saya juga blum kerudung
    toh klo di fotocopy juga gak jelas..
    lagipula yg diliat biasanya transkrip n CV
    tp memang bisa bermasalah klo ijasah sampe diubah

    ReplyDelete
  6. kalau foto TK ya kagak kenape2..
    kan masih imut2..

    ReplyDelete
  7. foto masa kecil ga tertutup auratnya, mending jangan dipajang mba...:)

    Biar aman dari pandangan orang² yg tidak halal melihat kita ...

    *klo utk kasus foto yg di ijazah, krn dah terlanjur, klo pas motokopi/apa diminimalisir ajah, bs dgn cara ditutup dulu pake foto yg berjilbab ato diapain kek :D*

    ReplyDelete
  8. Foto TK? Belum baligh apa udah waktu TK?

    ReplyDelete
  9. saya harus gimana ya...photo2 ijazah nggak ada yg pake jilbab...

    ReplyDelete
  10. lha itu td dah menjawab..jwabannya "binggung..hehhe

    ReplyDelete
  11. tp ada ketakutan kl dilihat fotonya..malu tho mbak temen saya...

    ReplyDelete
  12. hemm...githu ya..
    kl udah g imut2 buleh,hehhe

    ReplyDelete
  13. nah itu teh..yg meminimalisir itu kek gmn...hehheh

    ReplyDelete
  14. kl TK itu (taman Kanak-kanak ))ya belumlah
    tp Kl TK (Taman Kawak-Kawak ) pasti udaahhhh :p

    ReplyDelete
  15. yah iyalah..ntar malah pd binggung kl pakai jilbab,hehheeh

    ReplyDelete
  16. dibagian mana yg bikin ngakak??hehhe

    ReplyDelete
  17. waah ga tau juga mba,,Alhamdulillah ijazah smp dan sma jilbaban semua

    ReplyDelete
  18. wah alhamdulilah banget tuh pit..ane pakai jilba br menjelang kelulusan,jd pas SMP ane blm pakai jilbab coz g py seragamnya,,hiks,,tapi SMA udah pakai,hehehe

    ReplyDelete
  19. ya ntu mba...
    klo keadaan darurat ajah ngeluarin foto jaman dahulu :)

    saat daruratpun klo masih bisa disiasati, siasatilah, contohnya kyk yg mba critaken diatas ntu :)

    ReplyDelete

 

Catatan sejarah Jiwa Template by Ipietoon Cute Blog Design