Monday, September 3, 2012

Puding Kurma...Yummyy..

Lembut dan legit,… rasanya hampir mirip mud cake tambah mantap dinikmati bersama siraman saus puding diatasnya.Terlebih di bulan ramadhan tak sulit mencari buah kurma, maka membuat puding kurma spesial ini bisa menjadi pilihan untuk keluarga tercinta. Tak ada salahnya di coba siapa tahu menjadi resep favorit keluarga anda nantinya.

 Bahan :
4 butir telur, pecahkan dalam mangkuk kocok sebentar dengan garpu.
2 cangkir kurma yang telah dicincang (di potong halus)
2 cangkir air 2 sendok teh baking soda (bicarbonate soda)
180 gr mentega/margarine
1 cangkir brown sugar 1 cangkir Self raising flour (tepung terigu yang telah di campur dengan baking powder) ½ sdt vanilla bubuk

 Bahan Saus Puding : 
 2 cangkir brown sugar
 2 cangkir cream
 180 gr mentega/margarine
½ sdt vanilla bubuk

 Cara Membuatnya : Masak kurma cincang dalam 2 cangkir air dalam api sedang dan 2 sendok teh baking soda (bicarbonate soda) hingga kurma menjadi halus dan lembut.
Bila kurma telah berwarna hitam pekat dan halus teksturnya (menjadi seperti bubur) kecilkan apinya tunggu hingga kurma tidak mengandung air lagi. Sisihkan dan dinginkan.
Kocok dengan mikser brown sugar dan mentega hingga menjadi lembut masukkan telur sedikit demi sedikit. Mikser hingga tercampur rata.
Tambahkan adonan kurma yang telah dingin aduk dengan mikser (dengan kecepatan rendah) secara perlahan-lahan dan sedikit-demi sedikit hingga kurma tercampur rata.
Terakhir masukkan tepung terigu aduk dengan mikser kecepatan rendah tambahkan vanilla bubuk aduk hingga tercampur rata.
Tuang adonan puding kurma dalam Loyang bundar dengan diameter 20cm tinggi 7cm (20cmx7cm), panggang dalam oven suhu 150 derajat celcius selama kurang lebih 45 menit atau hingga matang.Biasanya adonan puding kurma ini agak encer dari adonan kue karena itu proses memanggangnya agak lama.
Selama memanggang kue ukhti bisa membuat saus puding yaitu masukkan gula dan mentega dan cream dalam panci dengan api kecil. Aduk-aduk hingga adonan saus tercampur rata dan gula larut setelah agak mendidih (jangan sampai mendidih sekali karena akan membuat kream berbutir-butir tidak licin) angkat dan dinginkan. Setelah puding dingin potong-potong. Letakkan satu potong puding dalam piring kecil siram dengan saus puding. Siap dinikmati. Selamat mencoba.

 Tambahan : Puding ini enak juga di makan tanpa saus dapat di makan sebagaimana cake biasa karena itu biasanya penulis hanya membuat setengah resep saus. Bila ukhti kesulitan menemukan self raising flour di supermarket maka ukhti bisa membuat sendiri dengan resep 1 cangkir tepung terigu campur dengan 1 ¼ sendok teh baking powder dan sejumput garam. Ayak rata ketiga bahan tadi insya Allah bisa menjadi alternatif pengganti self raising flour. Bila tidak ada Loyang bundar maka Loyang apa saja bisa di gunakan asalkan ukhti bisa mengetahui ukuran loyang yang pas untuk adonan diatas. Lama pemanggangan mungkin bisa berbeda tergantung dari tipe oven yang di pakai jadi tidak mutlak 45 menit.

0 comments:

Post a Comment

 

Catatan sejarah Jiwa Template by Ipietoon Cute Blog Design