Sunday, May 17, 2009

seorang ibu juga butuh temen kan??

hemm..sapa bilang yang berhak untuk menjalin banyak persahabatan hanya orang-orang lajang saja..ternyata banyak kaum ummahat juga perlu..apalagi bagi mereka yang sering disibukkan dengan pekerjaan rumah seorang diri..

sekilas kisah,,moga ini bisa diambil hikmah..dan moga wujud ke sotoy-an ane,,
beberapa hari lalu,ketika ane pulang dari aktivitas..ane dapati seorang tetangga yang duduk terdiam didepan pintu..nampak kesedihan menyelimuti..
sedangkan suaminya sibuk diluar nenangiin anaknya yang rewel..
anepun bertanya "kenapa??si angga blm masih panas??
yah memang anaknya dari malam rewl karena sakit..
"udah agak mendingan,,,tapi belum sembuh..ini malah bapaknya bikin jengkel,,"kisahnya mulai meluncur,,

ane yang agak males denger dan ikut campur urusan orang..malah terpaksa dengerin kisahnya..tentang suaminya yang nyuruh ia hutang rokok, padahal ia dah nggak punya duit..mana anaknya sakit..tadi pagi aja baru aja dikasih uang adiknya udah habis buat makan..kalau nggak mana ia bisa makan..
satu pesennya"besok kalau cari suami jangan yang gengsian!!mau usaha untuk keluarga..
ane tersenyum kecut,,ane tahu perasaannya..apalagi permintaan suaminya tuh harus dikerjakan,,ia sedih,,karena hutangnya diwarung dah banyak,,belum lagi yang punya warung nggak begitu baik...
ane cuma nyarani "ya udah sana beliin obat buat anaknya,,"
"belii pakai apa??nggak ada duit.."betapa sedih ane dengernya..ditambah suara tangis anaknya yang sesekali seperti menyayat..
ane pun ambil uang seadanya ditas, ane kasihkan
"lho, ini uang sapa.."tanyanya
"uangku..sudah sana buat beli obat"
"tapi kan. kamu lebih...."ia nampak terharu.
"aku masih punya..kok"dalihku agak berbohong,,coz uangku juga mepet..

akhirnya ia beli obat dan kue buat anaknya,,
lega rasanya..setidaknya ia sudah bisa tersenyum..

kisah lain,,
ketika ada ummahat yang pernah ane tumpangi hidup,,
sedih anaknya sakit..yah terpaksa ane yang sok cool..pulang dari halaqah,,ngantar sia anak ke dokter menerobos hujan deras,,mengendong anaknya yang lumayan berat sambil bawa payung..menempuh jarak sekitar 10 menit..
dah kayak anak ane sendiri,,

belum lagi,kalau ia ada masalah sama suaminya,,
duh..ikut terlibat juga,,bantu komunikasi dengan suaminya
maklum sang suami kurang peka sedang ia type sensitif,,,

dari semua kejadian,,ane ambil kesimpulan bagiamana hidup seorang ibu yang lebiih sering dirumah..mereka perlu temen berbagi,,
ada kelegaan ketika dikala ia kalut dan butuh temen,,ada orang yang bisa diajak bicara..
bagaimana di kisah pertama..ia nggak punya orang yang bisa diajak berkeluh kesah,,ia nggak punya ibu,,bapak nikah lagi,,demikian juga suaminya...jadi kalau ada masalah cuma bisa nangis sendri atau yah crita dengan orang yang ditemui..kalau benar2 terpaksa,,
kisah kedua,,suaminya jauh bekerja diluar kota..
orang tuanya ada dijawa barat,,mertua di jawa timur,,saudara jauuuh..
yah,,,adanya saat itu ane..yang dah dianggap adek...

buat renungan,,dan pelajaran,,perbanyaklah saudara dimana kita berada yang tidak hanya bisa berbagi kalau suka tapi juga duka..

wallahu'alam
dan afwan kalau tulisannya nggak jelas dan nggak nyambung...

26 comments:

  1. bener...emang ibu juga butuh teman..
    tempat utk berbagi suka dan duka

    ReplyDelete
  2. Dee juga seorang ibu....dan kita sahabat bukan? jazakillah ukht ..:)

    ReplyDelete
  3. setuju! mari kita berteman dan perbanyak teman :)

    ReplyDelete
  4. Nyambung kok mba,alhamd aku dkt dgn keluarga n tetangga yg care satu n yg laen^^

    ReplyDelete
  5. iya teh...kita sahabat,saudara dan senyawa didunia maya,,semoga bisa bersua di alam nyata dan jannah_NYA..Amiien,,jazakillah ya teh..^_^

    ReplyDelete
  6. yupz..om,,betul,,perbanyak temen dan perkecil permusuhan,,hehehe

    ReplyDelete
  7. ya bunda..ane juga..maklum org desa..dijamin lebih rukun dan deket satu sama lain,,hehehe,,
    syukur kl nyambung...

    ReplyDelete
  8. subhanallah..
    salut dengan apa yg ukhty lakukan semoga Allah membalas dengan syurga.

    entah mengapa sejak dulu hasna lebih sering sama ibu ibu ya
    mungkin bagi hasna berkumpul dengan ibu ibu jadi banyak yg menasehati dan banyak yg bisa hasna ambil pelajarannya.
    terlebih lagi jadi paling dimanja deh...

    syukran for sharing ya ukhtaya

    ReplyDelete
  9. sama kok ukh..ane juga seneng kumpul sama ibu2..ada samudara ilmu luas terbentang disana..dan juga kehangatan kasih, serta berjuta2 bintang hikmah...maklum mereka lebih byk pengalaman hdp...
    sama-sama ukh...

    ReplyDelete
  10. ibu-ibu kan bisa ikut kegiatan agama/pengajian/liqo/ dll
    masak di rumah terus, ntar tambah cantik hehe

    ReplyDelete
  11. iya juga pak,,tp mmg beda ibu2 yg biasa mobile dan tdk..
    dan jg ibu2 yg biasa tahan banting or tdk..byk faktor yg mempengaruhi,,mmg idealnya ada keseimbangan kedalam dan keluar...*hehe,,afwan sotoy..

    ReplyDelete
  12. butuh teman curhat gitu ya? hmmm :) sambil arisan biasanya kalo keroyokan mah, ya? :D

    ReplyDelete
  13. nggak semua ibu2 githu...
    ane mah kl gantiin ummi arisan suka ngamatin ibu2 tuh...
    trs kl ibu2 daerah kota beda lagi kultur dan modelnya dgn ibu2 desa..

    ReplyDelete
  14. gleghggggggg..apa hubungannya dgn soto ya??
    jah nggak buleh kemana-mana nih koment pak..

    ReplyDelete
  15. yah,,bukannya githu..
    takutnya ntar nyasar kemana2 pak..hehehe..
    jazakallah panggilan "bu"nya,,hehehe..serasa jd ibu beneran,,jd kangen jaman2 KKN sring dipanggl bunda....^__^

    ReplyDelete
  16. hehe,,,makasih jg dipanggil pak...serasa di mana ya?

    ReplyDelete
  17. Setuju banget. Justru karena ummahat biasanya nggak seleluasa dulu keluar ke mana-mana, maka kadang jadi susah cari teman curhat. Tugas yang lainlah (yang single?) agar lebih peka dan proaktif menemani.

    ReplyDelete
  18. wah... mesti lebih peka sama istri, nih

    ReplyDelete
  19. hehehe..tugas yg single ya??
    yah dulu smpet ane gulirkan agar para akhwat lajang ada program magang dirumah ummahat agar ada sdkit pengetahuan dan pengalaman..tp yah kyaknya g ditanggapi sama jama'ah,hehe

    ReplyDelete
  20. tuh wujud doa juga mg sgr jd bapak beneran,,,hehehe

    ReplyDelete
  21. masya allah ckckckck
    kisah2 diatas kok menyedihkan banget....

    ReplyDelete
  22. so jgn luapain ane ya...kl dah jd ummahat..ane siapin diri nih buat tmn curhat antiii,,hehehe

    ReplyDelete

 

Catatan sejarah Jiwa Template by Ipietoon Cute Blog Design