Thursday, July 30, 2009

AKu dan Bapak....*sebuah Jawaban atas beberapa pertanyaan temen2ku

Dibeberapa postingan dan critaku pasti terkesan ane crita..tentang ummi kalau crita tantang aku dan keluarga..lalu timbul beberapa pertanyaan,,apakah ane yatim??apakah ortu ane masih lengkap dsb..

jawabannya adalah ortu ane masih lengkap..ada bapak dan ummi

lalu kenapa ane lebih sering crita tentang ane dan ummi drpada ane dan bapak??

jawabannya,,karena ane seorang akhowat..walau ada juga yang bilang, lhoh biasanya anak perempuan kan lebih deket sama bapaknya..hah yang bener ajah..

ane dan bapak...mengapa ane jarang crita tenatang bapak??

selain ane akhowat,,ane juga jarang ketemu bapak ane..sejak TK.ane jarang ketemu bapak..karena bapak kerja di wonogiri sebuah kabupaten sebelah timur daerah ane tinggal

wlau TK ane ditinggal kerja kedua ortu dan harus bisa jaga adek yang usianya selang 2 tahun dibawah ane tapi frekuensi ketemu ummi lebih sering karena ummi bisa pulang tiap hari..

SD..kita pindah rumah..ummi masih berkerja dan bapak juga..masih juga sama bapak hanya pulang 2 hari sekali atau seminggu sekali..tugas ane bertambah,,selain jaga adek juga jaga ponakan..karena ortunya juga kerja..kebetulan dulu pernah ada jam masuk siang pas SD,jadi ane bisa gantian jaga ponakan dengan adek ane..

Ane ngak buleh maen sendirian ato nangis,,karena kalau nangis paman ane akan menghukum ane,,kalau tidak diikat di tiang diruang tamu atu diseret kekamar mandi atao diceburin kecomberan..

kelas 4 SD ummi kerja dan bapak juga masih kerja..ummi juga kerja sampai malem..makanya ane ditinggalin resep masakan sama ummi plus uang tiap hari untuk belanja keperluan dapur..diajarin belanja ke pasar dsb..kalau sekedar nyapu cuci baju kelas 3 udah harus bisa tanpa disuruh..kalau nggk siap2 hadapin paman..

kala itu ane kalau sore rumah harus dah beres..jadi kalau ummi pulang nggak marah,,bapak masih aja pulang 1 minggu sekali atau berapa hari sekali..karena klau tiap hari duitnya habis diongkos,,yah kebiasaan itu yang bikin ane sdih pas romadhon karena sering ngiri lihat temen dimasakin ibunya..sedang kita kalau mau kolak yang beli sedniri..kelapa,gula pisang dsb

kelas 6..adekku lahir..seneng dunk,,ummi dirumah..tapi sedih juga..ane malah nggak bisa main lagi..karena harus bantu jaga adek,,apalagi waktu itu ummi sakit asam urat yang tangannya terbatas untuk melakukan apapun..yah akhirnya ane belajar mandiin adek sam simbah..kalau mau masak harus tanya ummi,,pantangannya apa dsb..

ane amsih jarang ketemu bapak,,karena kalupun bapak pulang pasti maghrib baru nyampai,,bada subuh dah pergi kerja..kita juga jarang ngobrol karena ane malu,,dan bingung ngobrol apa,,apalgi bapak juga pendiam..

SMP..kelas dua.adek ane yang bungsu meninggal..pas ia lahir..ane harus berubah jadi kakak yang kuat bagi 2 adek saya..kala itu bapak nangis..pertama kali aku lihat bapak nangis..ane yang ngurus segala bon keperluan pemakaman apalgi tradisi desa orang meninggl tuh ribet..ane kemudian kerumah sakit nemuin ummi,,mencoba tegar..dan membantu membersihkan baju2 dan darah2 pasca ummi melahirkan..itu yang menjadikanku makin sayng ke ummi..belajar tabah juga dari ummi..

akhir SMP..dapat hidayah mau pakai jilbab..jah pas menjelang lulus dirumah tuh udah pakai jilbab tapi pas mau kesekolah nggak punya seragam panjang jadi suka sembunyi2 kalau ke sekolah..malu..sat itu ane juga maih jarang ketemu bapak..biaya sekolah saat itu ane usaha untuk dapt keringann..ambil raport kadang minta tolong bapaknya temen kalau bapak nggak bisa ambil

SMU..makin jarang ketemu..daftar sekolah juga sendiri dari sejak SMP..ambil raprt sndiri atau minta tolong bapaknya temen,,kalau telat minta tolong mbaknya temen untuk ijinin..kebetulan ane dapet keringa biaya lagi daris sekolah,,jadi ngak terlalu begitu pusing,,uang dari bapak dan ortu untuk ditabung beli jilbab dan bayar buku..untuk transport dah dibantu temen untuk diboncengin,hehehe..

nggak naylahin bapak juga,,ane tahu kondisi bapak..pas lulusan SMP adek,,keluarga ane date musibah kebakaran yang melanda tempat kerja bapak,,ludes dan bapak harus mulai dari NOL..sampai urusan masukin sekolah adek ke SMA ane dan sepupu yang ngurus..ane sama ummi justru mkin deket..kita berfikir untuk bisa bertahan hidup..prnah suatu siang sepulang sekolah ummi meminta ane pergi ke toko emas untuk menjaul anting2 buat beaya makan,,akhrnya besoknya ane jual..walau pernah ada janji dari ummi untuk mau beliin lagi..ane udah nggak berharap..lagipula kan pakai jilbab,hehehe..

nah disaat2 sulit ane dan ummi sering satu rasa dan sepenangungan untuk menghadapi hidup..sedang dengan bapak,,bapak lebih sering komunikasi dengan umi,,dan jarang melibatkan anak2nya...

dan smpai saat ini,,ane juga jarang ketemu bapakk,,kdang sebulan sekali,,dua bulan sekali..semingu sekali paling cepet..waalau ane pulangtiap hari..

ane jarang ngobrol sama bapak,,malu,,bahkan walu diperbulehkan kita buka jilbab dihadapan bapak,,kayaknya ane juga hampir nggak pernah buka jlbab dihadapan bapak..karena malu..

ya walau ada beberapa ksah..misal ane dan bapak boncengan berdua kala mengantar ane kuliah sesekali atau ketika ada urusan apa,,tapi ane lebih bayka diam dijalan..dan sedikit ngobrol sam bapak,,yah mungkin karena kita jarang bertemu sejak kecil kaliii...

16 comments:

  1. ane malah kagak pernah ketemu ortu sejak kecil, gedhe baru ketemu...
    udah gitu, ketemuan ama ortu malah jadi aneh sampai sekarang... bahkan ortu kerasa kek musuhin ane, hiks...
    kisah itu ane tuang dalam novel yang belum kelar... hohooo...

    ohya, ukhti... anti di Solo bisa carikan tempat buat nginep ane kagak yah? ada tempat yang murah gitu... hehehe, punten, kagak nyambung ma postingan, nih...

    teteup semangaaaaaaddd...!! ^^

    ReplyDelete
  2. Tfs mba.. Harus banyak belajar neh dari akhowat tangguh sepertimu..

    ReplyDelete
  3. ya ntar ane cariin info..tp t4 MUNAsnya dimana mbak,,kl daerah deket UNS..yah hrs cari deket2 situ,,kl ane deket2 kartasura...

    ReplyDelete
  4. kurasa ane bukan ankhwat tangguh kok ukh..masih byk belajar..apalagi dlm kondisi hidup seperti ini..kita bisa krn biasa dan tertempa...lingkungan dan keadaan yg bisa membentuk kita menjadi seprti apa,,wallahu'alam,,

    ReplyDelete
  5. pengalaman hidup menempa zu jadi pribadi yg kuat..insyaAllah..
    semoga kelak dapat suami yg sholeh (nyambung ga ini?)

    ReplyDelete
  6. mendahsatkan...T_T...optimis dengan apa yg ada....

    baru ana ketahui betapa penting punyai keluarga, sayang baru sedar...

    bapakkkk T_T

    ReplyDelete
  7. owkeh, nti ane tanya ke Mas Ganjar-nya selaku panitia... tunggu infonya yah...
    makasih ukhti... ^^

    ReplyDelete
  8. aamiin bunda...
    yach kagak nyambung atau nyambung jazakillah doanya..^_^

    ReplyDelete
  9. syukurilah apa yang kau punya..rawatlah dengan baik bentuk nikmat yang ALLOH beri..karena biasanya kita akan merasakan nikmat setelah kita kehilangan nikmat tersebut...wallahu'alam..

    ReplyDelete
  10. iya mbak,,sama2 mg aja disediakan sama panitianya,hehehe..

    ReplyDelete
  11. subhanallah. tapi sblm menyesal (selagi blio msh ada), sebaiknya ubah pandangan ke bpk. biar komunikasi tambah lancar

    ReplyDelete
  12. Hmm... dulu sempat juga papa kerja di luar kota jadi cuma pulang seminggu sekali, memang kerasa sih bedanya sama sekarang setelah pensiun (tapi giliran akunya yang pindah jauh).

    Ayo, jalin komunikasi dengan Bapak. Susah? Anggap aja tantangan :).

    ReplyDelete
  13. yah..ane dan bapak baik2 aja kok pak..
    pengennya githu sih..kdng ane sering coba bicara akrab lewat telpon tp kdg bapak itu pengennya cepet2 mengakhiri pembicaraan..misal dengan ngomong " wis..ono opo maneh??*sudah mau apa lagi??..jd kesnnya bapak agak males ngobrol...
    tp pada dsarnya ane sayang kok sama bpk..bhkan kl diajak bapak kemana githu suka ane bela2in utk bisa dan ngalahin agenda lain..

    ReplyDelete
  14. iya mbak..tantangan..
    sambl belajar mengenal psikologi laki2 juga yach..maklum dirumah,keluarga mayoritas wanita...kl ada yg laki umumnya mereka pada pendiem...^_^

    ReplyDelete
  15. subhanallah, apakah q bisa jalanin hidup spt shbat q ni yang selalu tegar menghadapi ujian, syg bapak q dah g da, hanya doa yang bisa q kirimkan ma blio, smg qt dikumpulkan dijannahnya.
    selagi blio masih maka gunakan kesempatan utk sll berbakti kpd blio,hik...hik...hik!!!!!!

    ReplyDelete
  16. cup..cup..cup..aduh ukh,,jgn nangis dunk,,,
    ane tahu anti jg sayang beud ma bapak anti,,anti adalah anak kebanggaannya yg bisa nerusin cita2 bapak anti,,semangat yach..

    ReplyDelete

 

Catatan sejarah Jiwa Template by Ipietoon Cute Blog Design