Sunday, July 27, 2008

Antara sedih dan senang "ada curhatan"

Kemaren di tengah perjalanan menuju kampus, tiba-tiba ban sepedaku bocor
Alhamdulillah pas didepan bengkel.
Sambil nunggu ban ditambal, aku mulai ambil HP
mengabari temanku yang nunggu ujian teman sekelasku
Karena aku juga mau nunggu ujian skripsinya
Tapi ternyata ia sudah selesai
Ya udah aku kasih selamat via HP sambil tanya dosen yang akan kutemuai ada nggak

Wah bosen juga nunggu tambal ban
Akhirnya aku ketik beberapa kata Tausiyah made ku sendiri
lumayan ada paket 50 SMS untuk hari ini.
kemudian aku kirim ke beberapa teman.
Demikian selanjutnya kegiatanku mengarang kata dan mengirimkan ke beberapa teman

Akhirnya sesampai dikampus
ketika tengak-tengok nyari dosen
tiba-tiba mataku tertuju kepada adik kelasku, yang tadi jadi salah satu " korban" SMSku
Temannya segera meraih tanganku dan menyapa dengan salam
sedang dia
Cuma memekik tertahan dengan posisi mulut ditutup tangan..
Akupun berkata sama temannya dengan nada bercanda
"tuh, ketemu bukannya salam malah diam aja"
"Mbak, aku senang banget ketemu mbak.." jawabnya sambil memeluk aku serta cipika-cipiki
Kemudian ia menciumi tanganku layaknya santri ke bu Nyai.
Akupun melakukan hal yang sama sambil bercanda kulontarkan kata"tangan mbak bau terasi nih, jangan diciumi". Aku memang nggak terlalu senang diperlakukan seperti itu.
"mbak, sukron ya tausiyahnya tadi..Kebetulan aku juga lagi ada masalah" curhatnya kemudian.
ya kebetulan aku tadi mengirimi ia kata-kata tentang kesabaran
"mbak, kirimi aku lagi ya..aku juga mau curhat nih" sambungnya memelas
"insya Allah, tapi masalahnya apa dulu, biar pas ntar kata-katanya" jawabku saat itu
denganwajah yang agak muram seakan mau mengatakan sesuatu ia berkata lirih ke telingaku
"mbak, aku sedang ada masalah. Tapi besok aja ceritanya. Tapi jangan bilang sapa2, kalau ditanya aku ada maslah apa"
"memang mbak mau crita sama sapa, kan jarang main kesini sekarang" jawabku memberi kepastian
"ya dah mbak, besok ya.."
iapun pergi meninggalkanku...

sepeninggal dia ada rasa senang dihati
"yee aku da"pasien" lagi, dah lama nggak mecahin masalah orang"
Ya dulu aku pernah saingan dengan seorang mahasiswa jurusan konseling untuk mendapat "pasien" terbanyak. Bahkan dulu aku pernah menang banyak dari ummi angkatku yang seorang psikolog dalam jumlah orang yang"curhat"
bahagia karena bisa jadi orang yang dipercaya, tapi...
tiba-tiba aku merenung benarkah, perasaanku selama ini?
senang? bukankah harusnya kita sedih dengan penderitaan orang lain.
Bukankah tiap orang yang punya masalah itu dalam kondisi menderita
kenapa aku harus senang
apakah selama ini aku bersenang-senang diatas penderitaan orang lain
Pertanyaan-pertanyaan itupun silih berganti melintas dalam pikiranku

Tapi akhirnya aku sadar bahwa kita harus bersedih atas masalah orang lain
dan kemudian berusaha bersama untuk memecahkannya
dan bahagia atas kebersamaan dalam suka dan duka serta bahagia bila teman kita bisa keluar dari masalah.
Dan yang paling penting bahagia menjadi bagian atas dirinya..

9 comments:

  1. mau dong jadi pasiennya
    tp gratos kan ukh daftarnya
    hehheheh

    ReplyDelete
  2. boleh, aja...
    semua pasienku "gratos" alias gratiiiis.
    Tapi kl jauh,wah ada ongkosnya dunk..he..he.
    kl cm via SMS apalagi gratis. dijamin langsung ane jawab tapi kalau pas ada pulsa..

    ReplyDelete
  3. Curhatan itu indah....nice moment dengan orang2 tempat ku berCURHAT....^_^

    ReplyDelete
  4. sis, maapkan dakoe ya
    kendala utama adalah ketidak adaan pulsa untuk membalas sms mu sahabatku...
    maklum, bulan tua yank.
    but, keep sent me your sms ya mai lop uhuhuhuhu

    ReplyDelete
  5. wah, hebat mba ^_^
    sedikit penyemangat :)

    Dari Abu Hurairah rodhiallohu ‘anhu, Nabi sholallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa melepaskan seorang mukmin dari kesusahan hidup di dunia, niscaya Alloh akan melepaskan darinya kesusahan di hari kiamat, barang siapa memudahkan urusan (mukmin) yang sulit niscaya Alloh akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat. Barang siapa menutup aib seorang muslim, maka Alloh akan menutup aibnya di dunia dan akhirat. Alloh akan menolong seorang hamba, selama hamba itu senantiasa menolong saudaranya. Barang siapa menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka Alloh akan memudahkan jalan baginya menuju surga. Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Alloh untuk membaca Kitabulloh dan mempelajarinya bersama-sama, melainkan akan turun kepada mereka ketenteraman, rahmat Alloh akan menyelimuti mereka, dan Alloh memuji mereka di hadapan (para malaikat) yang berada di sisi-Nya. Barang siapa amalnya lambat, maka tidak akan disempurnakan oleh kemuliaan nasabnya.” (Hadits dengan redaksi seperti ini diriwayatkan oleh Muslim)

    ReplyDelete
  6. Bersimpati, tapi jangan terlalu hanyut biar masukannya tetap objektif :).

    ReplyDelete
  7. Nggak juga,cuma pengen jadi bagian dari tiap2 kesedihan saudara aja..
    Sukron juga semangatnya...

    ReplyDelete
  8. Ana kan nggak minta anti u memblas SMS-SMSkoe kan cin..?
    Ana cuma ign berbagi aja..Kl dgn SMSkoe malah bikin anti beban&merasa nggak enak coz hrs bls, ana akan hentikan Okey..
    Tapi yang jelas I luv U coz ALLAH

    ReplyDelete
  9. Subhanallah, percayalah ukh, bila ada sedikit saja kebaikn yg berawal darimu, pertolongnmu, kata katamu insya Allah, Allah akan membalasmu dgn sebaik baik amal, niat krn Allah Ta'ala ya ukhty.

    ReplyDelete

 

Catatan sejarah Jiwa Template by Ipietoon Cute Blog Design