Saturday, July 19, 2008

Empat Amalan Yang Sulit..

Tadi siang ketika asyik2nya berdiam diri di"GOA"
Pengen baca buku di rak sebelah.
Mataku tertuju pada terjemah"Nashaihul Ibad"
Cari2 nasehat bagi diri sendiri yang kadang sering alpha.
Akhirnya nemu ilmu yang jelasin tentang 4 amaln yang Sulit..

Tertulis disitu bahwa Ali Ra..berkata:

"amalan yang paling sulit itu ada empat yaitu :
  1. memberi maaf ketika marah
  2. bermurah hati ketika sempit
  3. iffah ketika sendirian
  4. mengatakan yang haq, baik kpd org yang disegani maupun kepada orang yang mengharapkannya
Kalau dipikir2 memang benar apa yang dikatakan oleh imam Ali tadi..pasti tiap diri kita
juga pernah mengalami sesuatu amalan yang sulit dikerjakan diantara empat amalan tadi kan?
Kalau saya sendiri jujur pernah, bahkan sering mungkin...
Memberi maaf ketika marah..pernah, walau saya suka bergurau dan terkesan santai
tapi teman2 sering bilang kalau saya lagi marah lebih ngeri daripada orang yang sering marah.
Bisa betah sampai 3 hari, walau seringnya saya yang minta maaf akhirnya, tapi sekedar memberi pelajaran agar mereka nggak bikin marah..tapi mungkin juga nafsu amarah saya pada saat itu lebih dominan dari pada memaafkan..

Bermurah hati ketika sempit,wuiih kadang sulit juga..memang saya membebaskan
siapapun minta tolong kapanpun mereka butuh. tapi kadang saya merasakan sulit bila kondisi juga nggak memungkinkan..Lagi nggak da pulsa misalnya..eh pagi2 dah da yang SMS tanya hukum fiqh,yang diakhir tulisannya ada kata bls atau ngerinya ada yang bls gpl..rasanya kadang gimana..masak minta tlog maksa, lagi bokek juga. Walau sebenarnya bisa minta pulsa ke saudara tapi rasanya giman githu..ato ketika uang nipis, pegang uang 5 ribu eh da yang pinjam buat pulang naik bis, dan beli bensinlah...wuiiih berat...

iffah ketika sendirian
Sulit juga, kadangkan kalau merasa nggak diawasin orang suka seenaknya..pernah suatu ketika ada yang curhat "mbak,maafin saya ya....ana sekarang jarang sholat.."
Lho...padahal dulu ia anak pondok..tapi mungkin karena dulu ada komunitas yang dukung. Tapi giliran sendirian...sulit..

Mengatakan yang haq, baik kepada orang yang disegani ato mengharapkan
biasa dilakukan untuk mendapat simpati atau sekedar biar nggak dimarahi...padahal ada kata2 yang mengatakan "katakanlah yang haq walu itu pahit.."

Wallahu 'alam bi showab


0 comments:

Post a Comment

 

Catatan sejarah Jiwa Template by Ipietoon Cute Blog Design