Monday, September 28, 2009

Menjaga kehalalan makanan,,kala makan diluar rumah

Pagi-pagi,,simbah alias nenekku teriak-teriak,,ayamnya mau matii
ia pun memanggil diriku,,,yah kayaknya nggak bakalan keburu kalua dijual,,lagian ntar harganya jatuh banget,,
akhirnya,,kuambil pisau dan panggil adek lelakiku..
ane suruh ia pegang kakunya dan sayapnya..dan "bismillah" ane bunuh tuh ayam...

Adek perempuanku dah protes karena ane yang mengeksekusi tuh ayam,,ia bilang kenapa nggak minta tolong sepupuku or pak dhe sebelah,,tapi karena ane takut nggak dibacain bismillah jadi ane "beraksi sendiri dalam pembunuhan tersebut"
ane bilang ajah,,

mengingat hal itu,,teringat kata temen KKN ane yang maat menjaga kehalalan makanan..dulu pas aman bareng diluar ia selalu menyisihkan daging alasannya ia takut proses penyembelihannya tidak islami..
yah ia pernah berkata" aku takut mbak,kalau menyembelihnya nggak islami..dam taku kalau cara ngolahnya kecampur sesuatu..
Yah ada lho penjual makanan yang menggunakan alat2 masak yang sama antara barang halal dan haram..walau ada juga penjual yang baik,yang membritahu tapi ada juga yang nggak,,,misal ada tuh penjual yang menggoreng darah ayam ( dijawa sering disebut saren )nah setelah itu wajannya buat goreng ayam or gorengan lain..hati2 kalau nemu gorengan darah ayam dsb bisa jadi gorengan yang lain ikut jdi nggak halal

selain itu,ketika anda mau makan tanyakan kehalalan makanan yang mau dipesan ke penjualnya..walau ada yang baik dengan cara bilang oh ini halal or nggak bagi muslim,,ada baikknya kita berjaga-jaga..
dan juga selaian itu,lihat2 juga yang berjualan,,apakah tahu "agama " or nggak...

yang ane inget juga seorang hafidzhah yang nggak mau beli daging sembelihan untuk menjaga kehalalan makanannya..mending ia beli ikan laut kalau mau makan yang daging2..

maka perlu kehati2an bagi kita agar memilih makanan yang masuk dalm tubuh kita..karena apapun yang masuk dlam diri kita akan memmpengaruhi diri kita..kalau orang jawa bilang :"ora dadi daging (Nggak jadi daging)"

lagipula yang halal dan haram itu udah jelas, tapi ada juga yang diantara keduanya,,dan langkah baikknya kita menjaga sesuatu dari yang syubhat...karena itu lebih baik...

 " Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Di antara keduanya ada perkara yang syubhat yang kebanyakan manusia tidak mengetahuinya. Barang siapa yang menjaga dari yang syubhat, berarti dia telah menjaga agama dan kehormatannya, dan barang siapa yang terjerumus dalam syubhat berarti dia terjerumus kepada yang haram. Sebagaimana seorang pengembala yang mengembala di sekitar larangan, maka lambat laun akan masuk ke dalamnya. Ketahuilah bahwa setiap pemerintah memiliki daerah larangan. Adapun daerah larangan Allah adalah apa yang diharamkan- Nya." (HR.Bukhari & Muslim)

so..silahkan ambil sikap deh...!!!^__^

4 comments:

  1. mb yati brani nyembelih ayam??
    hebaaad

    ReplyDelete
  2. yach ati2 ajah pak,,,mending mkan dirumah,,or bawa bekal masakan istri pak,hehehe

    ReplyDelete
  3. kenapa nggak??kan tinggal kalungin tuh pisau ke leher ayam,,bismillah...serrr,,darah megucur,,,dah bayangin tuh kepala musuh pasti cepet deh proses eksekusinya..

    ReplyDelete

 

Catatan sejarah Jiwa Template by Ipietoon Cute Blog Design