Sunday, May 23, 2010

Jangan memaksa untuk segera dinikahkan kl pengen lebih dr sekedar "ijab Qobul "

" fin..ibu mau ngomong nih..??ajah ibu fina ketika melihat anak gadis keduanya duduk di teras
"apa??"ia pun pergi melengos dan tak mengubris omongan ibunya
hati ibu fina seraya teriris melihat ekspresi anaknya itu. setelah hampir berminggu2 sang anak ngambek minta dinikahkan..dan tidak mau pulang dan betah-betah aja dikost, ibunya dah meminta ia pulang berkali-kali tapi ia tolak..ia marah sama kedua orang tua dan keluarganya.

 sang ibupun sudah berusaha mencari jalan keluar, ketika sang suami dah nyerah bingung nyari biaya walimahan anaknya kelak. karena iapun punya tanggungan hutang di bank, akhirnya sang ibu berkonsultasi dengan anak pertamanya.
setiap hari diatur strategi bagaimana agar dpat dana utk walimahan sang anak gadis yang minta segrea diwalimahkan.

akhirnya sang anak pertama harus berputar-putar nyari alternatif pinjaman. karena iapun nggak punya tabungan, ia baru saja kecelakaan yang udah mengras tabungannya. iapun belum punya kerja yang menjanjikan. Ia seorang mahasiswi diambang ancaman DO dan ahnya kerja sambilan yang nggak seberapa gajinya.
dalam benak sang kakak, pusing juga mikir sang adek, bener juga keingianannya untuk segera di nikahkan daripada terjebak zina..tapi keinginannya untuk walimahan yang tidak sekedar "ijab sayah " aja....berat..
kenapa ia tidak memandang kondisi ortunya...padahal dah mau dinasehati ortunya untuk sebentar bersabar, lagipula ia dah diberi kemudahan untuk tidak harus menunggu kakaknya..dan sang kakakpun harus rela, menolak lamaran seseorang hanya karena tidak mau menambah beban sang ortu atas rengekan sang adek yang nggak mau ditawar-tawar lagi

miris ane ketika membaca kisah ini...
kenapa masih ada anak yang begini...
haruskah sesuatu keingian yang baik harus melukai hati keluarga,ortu apalgi ibunya..
apakah ia tidak sadar bahwa kelak iapun akan merasakan jadi orang tua...
betapa berat tanggung jawab ortu..yakinilah tidak ortu yang tidak memikirkan anaknya..apalagi dalam melepas anak untuk kehidupannya kedepan pasti mereka akan pikir matang-matang buat anaknya....

jadi mikir buat tabungan walimahan..^_^

18 comments:

  1. dilematis jg sih. tp yg tau kondisi anak tsb adl anak itu sndriri.dia minta nkh brati emang krn udah bnr2 siap. komprominya ::
    bikin aja akad kcil2an.yg pntng syarat n rukun nkh tcapai. lagian dah kwjbn ortu utk mnkhkn anak2 mrk.

    ReplyDelete
  2. andai sang anak mau diajak kompromi dan mau diajak dudk breng...hmm..itu juga jd mslh,,

    ReplyDelete
  3. Karena masyarakat sini masih banyak yang tersinggung kalau nggak diundang acara walimah mungkin ya... Lagipula yang ngadain pesta juga kebanyakan masih ortu, dengan duit ortu jadi yang diundang juga teman-teman ortu.

    ReplyDelete
  4. itulah mbak..apalagi kl adat di desa,,bs hbis byk,,ada acara klumpukan(pembentukan panitia ), rewang (tetangga pd dtg bantu2, bisa berhari2 ), ntar hrs nonko/weweh (kasih hantaran makanan ke tetangga dan kerabat ), acara waliamahn, acara pembubaran panitia..sewa ini itu dsb....dan lagi kl g ada semacam pesat wlaau kecil sukabikin yg nikah g PD..aplagi ortunya, bisa dibiolang g sayang anak...

    ReplyDelete
  5. Jadi udah bnyak tbungan nya?? Hehe

    ReplyDelete
  6. wong baru ide aja kok..tahap rencana..klantum pasti dah byk tuh tangungannya,,hehhe..hayo sgr dimanfaatin tabungannya..hehhe

    ReplyDelete
  7. bingung mau di manfaatin buat apa hueheheh

    ReplyDelete
  8. ya udah ksih ke ane aja buat modal..hehehe..
    bagi hsil deh..^_^

    ReplyDelete
  9. mbak.. bilang ke itu adek.. aqod aja.. ntar kalo kakaknya dah lulus ortu dah ada biaya.. baru buat walimahnya..

    minta si kakak buat ajak adeknya mikir "gedhe".
    aqod kan ga butuh biaya yang terlalu besar...

    ReplyDelete
  10. yah g mau ikut campur terlalu dalam ahh..heheh

    ReplyDelete

 

Catatan sejarah Jiwa Template by Ipietoon Cute Blog Design