Sunday, December 28, 2008

Tentang pijit bayi...(aksi sok tahu ku juga )



Beberapa waktu lalu, karena ada suatu hal, saya dan temen saya terpaksa mampir ketempet seorang temen2..*mg g binggung...

Nah kebetulan....disitu berkumpul, keluarga dan kakak perempuannya*yah kakaknya memang perempuan semua..nah akhirnya saya terlibat perbincangan seru tentang pijit bayi..pertama kali sih berawal ketika saya tanya usia bayinya dan kebiasaan apakah sering dipijit or nggak??yah kebiasaan..saya tuh sering kali seperti kampanye pijit bayi..akhirnya si kakak penasaran juga tentang pijit bayi..ya udah ana cerita manfaat dan cara2 pijit bayi yang bisa dilakukan sendiri..dari langkah-langkah dsb *padahal jujur, apa yg ana critakan hanyalah pengalaman otodidak saya belajar pijit bayi..dengan korban model anak ummi ankat, dan para ponakan..kadang-kadang anaknya temen...alhamdulillah nggak pernah ada kesalahan..

Yeah..ana tuh sering ngingetin begini,pijit bayi tuh bermanfaat untuk pertumbuhan berat badan, body jd kencang berisi, dan kedekatan anak-ibu...dan saya sering tekankan agar yang mijit ibunya langsung..dan ternyata tadi tuh jalan-jalan dapat nih artikel...wah semoga ke sok tahuanku selama ini nggak begitu melenceng..
.



 Apakah pijat bayi itu?

Biasa juga disebut dengan stimulus touch.
Sejak dilahirkan, bayi memiliki tiga kebutuhan yang harus dipenuhi oleh orang tua, yaitu; kebutuhan fisik-biologis yang berguna untuk pertumbuhan otak, sistem sensorik serta motoriknya.
Kebutuhan emosi kasih sayang untuk kecerdasan emosi, inter dan intrapersonalnya. Serta kebutuhan stimulasi untuk merangsang semua kerja sistem sensorik dan motoriknya.

Manfaat utama Mengembangkan komunikasi Sentuhan adalah bentuk komunikasi pertama yang Anda miiki dengan bayi. Sentuhan bayi berarti berbicara.

Pijat bayi menggambungkan aspek kedekatan yaitu kontak mata, saling tersenyum dan ekspresi wajah yang lain. Mengurangi stres dan tekanan Pijatan dapat menenangkan dan menurunkan produksi hormon adrenalin yang selanjutnya akan meningkatkan daya tahan tubuh bayi.


 Umumnya daya tahan tubuh bayi meningkatkan 30% setelah dipijat 2 kali selama 15 menit. Mengurangi gangguan sakit Memijat juga dapat membantu bayi mengusir gejala kembung, kolik serta membantunya tidur lebih nyenyak.

Tak hanya itu, pijatan juga memperlancar sirkulasi udara di perut sehingga membantu mengeluarkan gas yang terjebak di sana. Mengurangi nyeri Pijatan yang lembut membantu tubuh melepaskan oksitosin dan endorfin. Kedua hormon ini dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan yang dirasakan si kecil akibat nyeri tumbuh gigi, hidung tersumbat atau tekanan emosi.

Manfaat Pijat Bayi untuk orang tua:
Meningkatkan Asi Pijatan membuat bayi cepat merasa lapar karena penyerapan makanan lebih baik. Akibatnya bayi lebih sering menyusu. Semakin sering diminta, ASI yang diproduksi semakin banyak.

Memahami isyarat bayi Bayi memiliki bahaya isyarat untuk menunjukkan keinginannya, misalnya melalui bahasa mata atau isyarat badan. Pijat bayi yang dilakukan rutin 2 kali sehari membantu orang tua memahami keinginan bayi melalui isyarat yang diberikan.

Meningkatkan percaya diri Dengan melakukan pijat bayi, orang tua lebih mengenal bayinya. Pijat bayi mampu mengurangi rasa gelisah soal perawatan anak. Ketenangan ini mampu menguasai keadaan dan membantu orang tua lebih percaya diri untuk merawat si kecil.

Memahami kebutuhan si kecil Bayi mengeluarkan bahasa tubuh selama dipijat. Orang tua yang melakukan pijat secara rutin lebih mengenal kondisi fisik bayi. Karena dilakukan berulang-ulang, orang tua lebih paham cara menghadapi bayinya saat gelisah.

Kapan waktu yang tepat?

Usia yang paling baik untuk memperkenalkan pijatan adalah pada saat bayi berusia 0 sampai 12 bulan. Sedangkan waktu yang paling baik untuk memijat adalah pagi hari sehingga pada malam harinya si kecil dapat tertidur dengan lelap.

Hal-hal yang perlu diperhatikan
Jangan memijat bayi setelah ia makan atau mengantuk.
Cobalah membuat suasana senyaman mungkin, lakukan dalam suasana menyenangkan dengan diiringi suara musik atau senandung.
 Tidak dianjurkan pemijatan langsung sehabis makan, membangunkan bayi untuk dipijat, memijat bayi saat tidak begitu sehat, dan memaksakan posisi tertentu ketika memijat.

Teknik memijat

Memberikan pijatan pada si kecil, tak melulu harus dengan bantuan tukang pijit bayi. Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Asal Anda memahami betul ‘rambu-rambunya’ serta ‘aturan mainnya’ maka manfaat pijatan yang Anda berikan bisa dirasakan secara maksimal oleh bayi Anda.

Ada beberapa lokasi pada tubuh bayi yang dianjurkan untuk diberikan pijatan, yaitu wajah, dada, perut, tangan dan kaki serta punggung.
Pijatan wajah. Melemaskan otot wajah.
Caranya, tekankan jari-jari Anda pada kening, pelipis dan pipi bayi (posisi dan tekanan sama seperti saat Anda menekan tombol keyboard komputer).

Kemudian gunakan kedua ibu jari untuk memijit daerah di atas alis. Dengan tekanan lembut, tarik garis dengan ibu jari dari hidung ke arah pipi bayi.
Gunakan kedua ibu jari untuk memijit sekitar mulut, tarik hingga bayi tersenyum.
 Pijat lembut rahang bawah bayi dari tengah ke samping seolah membuat bayi tersenyum. Pijat secara lembut daerah di belakang telinga ke arah dagu.

Pijatan dada. Memperkuat paru-paru dan jantung.
Letakkan kedua tangan di tengah dada bayi dan gerakkan ke atas, kemudian ke sisi luar tubuh dan kembali ke ulu hati tanpa mengangkat tangan seperti membentuk hati.
Lalu, dari tengah dada bayi, pijat menyilang dengan telapak tangan ke arah bahu seperti membentuk kupu-kupu.

Pijatan perut. Meningkatkan sistem pencernaan dan kurangi sembelit.
Lakukan gerakan memijat di atas perut bayi seperti mengayuh sepeda dari atas ke arah bawah perut. Kemudian, angkat kedua kaki bayi dan tekan lututnya perlahan-lahan ke arah perut. Buatlah bulan separuh terbalik dengan tangan kanan, mulai dari kiri ke kanan searah jarum jam. Saat tangan kanan di atas, tangan kiri di bawah dan berputar mengikuti arah jarum jam membentuk lingkaran penuh seperti matahari.

Pijatan pada tangan dan kaki. Meredakan ketegangan dan menguatkan tulang.
Pegang lengan bayi dengan kedua telapak tangan seperti memegang pemukul softball. Dengan gerakan seperti memerah, pijat tangan bayi dari bahu ke pergelangan.

Lakukan gerakan sebaliknya, dari pergelangan ke arah pangkal lengan. Tarik lembut jari-jari bayi dengan gerakan memutar. Dengan kedua ibu jari secara bergantian, pijat seluruh permukaan telapak tangan dan punggung tangan bayi. Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung.

Untuk kaki, ikuti cara yang sama seperti teknik memijat tangan.

Pijatan punggung. Menguatkan otot yang menyangga tulang belakang.
Pijat dengan gerakan maju mundur menggunakan kedua telapak tangan di sepanjang punggung bayi, luncurkan salah satu telapak tangan dari leher sampai ke pantat bayi dengan sedikit tekanan. Buat gerakan melingkar dengan jari-jari, terutama pada otot di sebelah tulang belakang. Buat pijatan memanjang dengan telapak tangan dari leher ke kaki untuk mengakhiri pijatan.

 artikel dikopas dari : http://www.conectique.com/tips_solution/parenting/health/ window.google_render_ad();

10 comments:

  1. sama-sama...mg bermanfaat..afwan ana kaboor..ntar ana hubungi lagi aja lewat sms..heuheu..afwan

    ReplyDelete
  2. Syukran ukh.
    Insya Allah 2 bln lg ane punya bayi.
    Ayah boleh mijat jg kan?

    ReplyDelete
  3. Wah mbak ayo qt buka klinik sehat ajah yuk hehe... SFS ya ^_^

    ReplyDelete
  4. Sepertinya musti di save atau di print nih
    ÜÜ

    ReplyDelete
  5. wah... udah pny bekal ut dpt baby neh :)

    ReplyDelete
  6. wah..barakallah pak..bolehlah, ayah bantu ummi mijit de2;'

    ReplyDelete
  7. ayuk...sepakat..tp diklaten ya??kl di malang or pati g mau..jauuuuh..
    dah sembuh blm say??

    ReplyDelete
  8. yeah..doain..agar sgr py baby,heuheu...

    ReplyDelete

 

Catatan sejarah Jiwa Template by Ipietoon Cute Blog Design