Tuesday, December 2, 2008

THE CONVERT

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Documentary
Sutradara Panu Aree, Kong Rithdee, Kaweenipon Ketprasit

Penulis Skenario Panu Aree, Kong Rithdee, Kaweenipon Ketprasit

Pemain Thanwadee Hemara, Akasit Hemara

Genre Dokumenter

Produksi Thailand

Durasi 83 menit

Cerita

June, seorang perempuan penganut agama Budha, memulai kehidupan barunya setelah menikah dengan Ake. Ake adalah seorang Muslim yang taat dan tinggal di Bangkok. Hidup June berubah, bukan hanya karena ia sekarang menjadi seorang istri, tetapi juga karena ia menjadi seorang Muslim. Di Thailand, dengan 95 persen penduduknya menganut agama Budha, hidup sebagai seorang Muslim dianggap suatu kelemahan dan akan menyusahkan pergaulan dengan masyarakat lain. Karena, sejak peristiwa terorisme yang terjadi di New York 9 November 2001, masyarakat Thailand mempunyai pandangan yang negatif terhadap Muslim. Terlebih lagi setelah terjadi kekerasan di Thailand yang dilancarkan oleh sekelompok orang dari Thailand bagian Selatan yang mayoritas Muslim. Islam lalu diidentikkan sebagai agama kekerasan.

Panu Are, seorang seniman film, mempunyai keinginan untuk memperbaiki pandangan itu melalui film. Bekerjasama dengan Kong Rithdee, seorang pengamat perfilman Thailand, dan Kaweenipon Ketprasith, seorang pengusaha pembuat film, Panu Are membuat sebuah film dokumenter tentang kehidupan empat laki-laki Muslim moderat di Bangkok. Film itu diberi judul In Between. Setelah In Between rampung, ia bertemu June. Keinginannya untuk membuat film tentang kehidupan Muslim kembali memuncak. Ia kembali mengajak Kong Rithdee dan Kaweenipon Ketprasith untuk mengeksplorasi cerita June. Kemudian terciptalah film The Convert.

Film yang berjudul asli Muallaf ini mengisahkan kehidupan June yang berubah dari seorang perempuan muda Bangkok yang bergaya metropolis menjadi seorang perempuan Muslim di Satul, sebuah propinsi kecil di bagian Selatan Thailand. June berubah dari keyakinannya kepada banyak tuhan menjadi satu Tuhan, serta usahanya untuk mejalankan shalat dan puasa seperti yang dilakukan Ake, suaminya.

The Convert sangat menarik karena di sisi yang lain menggambarkan kehidupan nyata dari masyarakat Thailand yang pada dasarnya mempunyai toleransi yang tinggi terhadap berbagai keyakinan yang berbeda. Mereka bisa hidup saling berdampingan dengan damai. «

sumber :http://alifmagz.com/wp/?page_id=1313

0 comments:

Post a Comment

 

Catatan sejarah Jiwa Template by Ipietoon Cute Blog Design