Thursday, September 4, 2008

Dilema Tentang Hutang..( seri nggak tegaan )

Akhir-akhir ini saya banyak sekali memberi hutang kepada beberapa orang yang mengambil dagangan di tempat saya..
Aneh memang, saya menjadi sosok yang nggak tegaan..
Padahal kalau dibanding dengan menyembelih ayam,saya dengan asyik tuh menghabisi nyawanya..
Tapi kalau dengan manusia.. tunggu dulu..
Padahal saya punya banyak kisah, nggak balik tuh barang yang saya pinjamkan..
akhirnya dengan terpaksa relain tuh barang.

Kemaren kena teguran ummi angkatku untuk lebih tegas
" Bisnis is Bisnis, teman is teman.."
Ya, dulu ketika ada banyak yang minta bantuan kepada ku
 ummipun protes karena kebanyakan hanya mendekatiku ketika mereka butuh dan bila hajad atau keinginan mereka dah terpenuhi, ppergi langsung tanpa ingat kembali kepada ku
Misal ketika jaman temen-teman ngerjakan skripsi ada beberapa yang datang ketempatku, sekedar pinjam uang, minta ditemani cari referensi, sampai bantu ngerjakan skripsi..tapi habis itu dagh..bye..bye..
makanya ummi yang rewel nggak trima
Tapi saat itu saya masih bisa memberikan alasan " yang pentingkan niat kita mi, ketika mereka cm manfaatin saya ya urusan mereka..asal niat saya baik..kan urusannya dengan yang di Atas.."
Tapi ketika saya berbenturan dengan orang-orang yang berhutang, yang ada beberapa yang sulit untuk ditagih.." saya takut..kuatir..karena sekali lagi saya bukan orang kaya, saya lakukan usaha hanya untuk sekedar menyambung hidup yang terengah-engah ini..
sekedar belajar mandiri..

5 comments:

  1. Ya harus tegas lah. Nggak nagih berarti tega membiarkan mereka terperosok masuk neraka karena ngga bayar utang.

    ReplyDelete
  2. Yang parah klo yg ngutang ngga ngerasa punya utang, klo ketemu biasa2 aja, ato malah silaturahmi jd putus, hiks

    ReplyDelete
  3. ya udah diikhlasi aja, mg kita dpt ganti lebih baik..tapi terlebih dulu kita ingatkan beliaunya dulu, tp kl mentok ya...ikhlasin.

    ReplyDelete
  4. Bikin perjanjian tertulis aja kalau lumayan gede.

    ReplyDelete
  5. walah ntar dikirain ana perhitungan banget,,lagian cm kecil kok..

    ReplyDelete

 

Catatan sejarah Jiwa Template by Ipietoon Cute Blog Design