Friday, November 21, 2008

Apa sih yang diperlukan untuk membaca??

Terkadang kita hanya tahunya kalau mau membaca baik itu media cetak dan elektronik
Semisal baca buku, kita tahunya kita hanya butuh mata, konsentrasi (ini terkadang malah nggak ikut serta ) serta kemampuan mengeja huruf demi huruf untuk kita rangkai menjadi sebuah kata ,kalimat dan kita tahu maksudnya..

Padahal sebenernya membaca yang baik itu tidak hanya butuh kita mata secara fisik aja..
Menurut saya * halah lebay.. membaca itu perlu banyak persiapan diantaranya nie..
  • Tentu kemampuan fisik
Ya tentu kita butuh indera kita yaitu mata...walaupun tak hanya berhenti disitu mgkin bagi tuna netra bisa mengandalkan indera perabanya..
  • Konsentrasi dan kemampuan membaca
Konsentrasi dan kemampuan membaca itu juga adalah komponen penting yang harus ada kalau kita mau membaca. Kemampuan membaca intinya kita bisa mengeja rangkaian huruf tadi menjadi sebuah satu rangkain yang mempunyai arti. Sedang konsentrasi juga diperlukan  karena mustahil kita bisa nggeh apa yang kita baca kalau kita nggak konsen dengan apa yang kita baca
  • Kejernihan hati 
Wah ini juga punya andil besar..karena kalau hati kita bersih maka akan mudah nyerap ilmu dari apa yang kita baca..dan lagi kemungkinan bisa nerima kebaikan dan kebenaran yang tersirat dari apa yang ia baca
  • ilmu 
selain kita mencari ilmu dari apa yang kita baca, kita juga harus punya ilmu tentang apa yang dibicarakan..Jangan sampai kita menjadi orang yang justru binggung dengan pendapat-pendapat yang berbeda dari berbagai macam apa yang kita baca..untuk itu rajin baca di sertai banyak bertanya dan diskusi serta konsultasi dengan para ahli yang berkompeten kaitan dengan apa yang kita..karena yang saya tahu, biasanya buku or media cetak or mungkin blog itu mencerminkan pemikiran penulisnya, dan pemikiran satu orang dengan yang lain itu beda..ada yang sama, mendukung tapi ada juga yang bertolak belakang so...perlu ilmu kan?

yah mungkin cuma itu yang bisa ana tulis..mungkin nggak sesistematis pikiran saya..karena ternyata menuliskan pikiran kita itu juga perlu ilmu dan banyak latihan ya*halah..ngomong apa sih saya??

Sekedar coretan yang mungkin nggak penting bagi kalian ya.??

7 comments:

 

Catatan sejarah Jiwa Template by Ipietoon Cute Blog Design